SUMUR BOR PEKANBARU 0852 6551 1448

Mengenal Sumur Bor Manual
Adakah sobat yang ingin membuat sumur dimusim kemarau ini? Musim kemarau adalah saat yang tepat untuk menggali sumur. Alasannya adalah kita akan mendapatkan hasil yang terbaik yaitu kedalaman sumur yang maksimal karena penggalian akan mencapai titik sumber mata air yang mencukupi untuk kebutuhan air bersih ketika musim kemarau tiba.

Cara atau metode yang akan digunakan dalam proses penggalian sumur ada yang digali secara manual bisa baca disini artikel tentang Proses Pembuatan Sumur Gali atau mengunakan alat Bor manual maupun mesin.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cerita dan informasi seputar fakta pembuatan Sumur Bor Manual yang saya dapatkan dari pekerjanya langsung ketika mengerjakan di rumah tetangga sebelah rumah.

Sumur Bor Manual adalah proses pembuatan sumur menggunakan alat bor berbentuk pipa yang diputar oleh tenaga manusia, biasanya satu team  ada 3 orang ataulebih. Alat yang digunakan pun lumayan sederhana, antara lain :

Mata Bor sebuah pipa dengan diameter 3 inchi atau 4 inchi panjangnya sekitar 2 m ujungnya pipa kecil ukuran sekitar 1 inchi sebagai penyambung pipa batangan.
Pipa batangan kisaran ukuran 1 inchi panjangnya 6 m digunakan sebagai batang penyambung mata bor disesuaikan dengan kedalaman sumur.
Pipa silang perempatan digunakan sebagai pegangan untuk memutar pipa yang dihubungkan dengan mata bor dan biasanya diatasnya diberi beban karung yang berisi tanah dengan bobot sekitar 20 Kg.
Kunci Monyet hampir seperti kunci ingris digunakan untuk memegang pipa pada saat dilakukan penyambungan.
Biaya atau tarif yang dipatok untuk satu sumur dengan kedalaman kisaran 24 meter adalah 5 juta sampai 6 juta tergantung negosiasi dengan pemborongnya. Tetapi biasanya dalam akad perjanjian kedalaman tidak menjadi patokan didapatnya sumber mata air yang bagus adalah indikasi keberhasilan pengeboran ketika sudah melalui tes di sedot menggunakan pompa air minimal 4 jam tidak putus.

Jl Kartama pekanbaru
Mahal atau tidaknya pengeboran juga dipengaruhi oleh berapa besar diameter Pipa Casing yang akan di tanam dan berapa dalamnya, semakin besar dan dalam maka akan semakin mahal nilai yang ditawarkan pemborongnya.

Sebagian Fakta tentang Sumur Bor Manual yang saya ketahui berdasarkan pengamatan beberapa waktu lalu:


Harga paket Sumur Bor Manual tidak beda jauh dengan menggunakan mesin selisih antar 1-2 juta.
Pengerjaannya lumayan lama bisa menghabiskan waktu berminggu-minggu bahkan bulan.
Jika menemui batu keras semacam batu granit pengeboran tidak bisa dilanjutkan dengan cara manual harus diselesaikan menggunakan mesin.
Rada kasian juga melihat pekerjanya yang seperti kerja rodi berbeda dengan pengerjaan sumur gali yang kelihatan santai.
Kesimpulannya, proses pengerjaan Sumur Bor Manual di rumah tetangga sebelah gagal dan menemui jalan buntu karena bertemu dengan batu granit. Sejak mata bor membentur batu tersebut sudah sekitar 6-7 kali dibawa ke bengkel untuk di las karena mata bor nya aus tergerus batu dan hasilnya tidak berubah hanya beberapa cm saja menembus batu nya akhirnya di hentikan dan akan dilanjutkan dengan bor mesin.

Itulah sekelumit informasi seputar fakta proses pembuatan sumur bor manual, apa yang saya lihat dan amati tentunya tidak dapat saya tuliskan semua disini. Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan silahkan saja, saya akan bantu semampunya. Semoga bermanfaat.
http://sumur-bor.org/
sumur bor pekanbaru,sumur bor riau,sumur bor
buat sumur bor Jl Kuansing pekanbaru

HP : 0852 6551 1448
Jasa pembuatan SUMUR BOR
                                       
                          Lansir air 




Buat sumur Bor di pandau
Buat sumur bor di jalan indrapuri
Buat sumur bor jalan Riau